1.
Tujuan Umum
Pengembangan diri bertujuan
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk pengembangkan dan
mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, Model dan Contoh Pengembangan
Diri - 2007 4 minat, kondisi dan perkembangan peserta didik,
dengan memperhatikan kondisi sekolah/madrasah.
Rebana
2. Tujuan Khusus
Pengembangan
diri bertujuan menunjang pendidikan peserta didik dalam mengembangkan:
- Bakat
- Minat
- Kreativitas
- Kompetensi dan kebiasaan dalam kehidupan
- Kemampuan kehidupan keagamaan
- Kemampuan sosial
- Kemampuan belajar
- Wawasan dan perencanaan karir
- Kemampuan pemecahan masalah
- Kemandirian
3. Ruang Lingkup
Pengembangan diri meliputi kegiatan
terprogram dan tidak terprogram. Kegiatan terprogram direncanakan secara khusus
dan diikuti oleh peserta didik sesuai dengan kebutuhan dan kondisi
pribadinya. Kegiatan tidak terprogram dilaksanakan secara lansung oleh pendidik
dan tenaga kependidikan di sekolah/madrasah yang diikuti oleh semua
peserta didik.
4. Bentuk-Bentuk Pelaksanaan
a. Kegiatan pengembangan diri secara
terprogram
dilaksanakan dengan perencanaan khusus dalam
kurun waktu tertentu untuk memenuhi kebutuhan
peserta didik secara individual, kelompok, dan atau
klasikal melalui penyelenggaraan:
dilaksanakan dengan perencanaan khusus dalam
kurun waktu tertentu untuk memenuhi kebutuhan
peserta didik secara individual, kelompok, dan atau
klasikal melalui penyelenggaraan:
1.
Kegiatan
layanan dan pendukung pelayanan konseling
2.
kegiatan ekstrakurikuler.
b. Kegiatan pengembangan diri
secara tidak terprogram
dapat dilaksanakan sebagai berikut.
dapat dilaksanakan sebagai berikut.
1. Rutin,
adalah kegiatan yang dilakukan secara terjadwal dan terus menerus,
seperti: upacara bendera, senam, ibadah khusus
keagamaan bersama, keberaturan, pemeliharaan kebersihan dan kesehatan
diri.
2. Spontan,
adalah kegiatan tidak terjadwal dalam kejadian khusus
seperti: pembentukan perilaku memberi salam, membuang sampah pada
tempatnya, antri, mengatasi silang pendapat
(pertengkaran).
3. Keteladanan,
adalah kegiatan dalam bentuk perilaku sehari-hari yang dapat
dijadikan teladan, seperti: berpakaian rapi, berbahasa yang
baik, rajin membaca, memuji kebaikan dan atau keberhasilan orang
lain, datang tepat waktu.
Kegiatan-kegiatan tersebut tidak direncanakan secara tersendiri melalui kegiatan pelayanan konseling dan kegiatan ekstrakurikuler, tetapi bisa merupakan program sekolah dan dilaksanakan sebagai bentuk kegiatan pembiasaan.
Kegiatan-kegiatan tersebut tidak direncanakan secara tersendiri melalui kegiatan pelayanan konseling dan kegiatan ekstrakurikuler, tetapi bisa merupakan program sekolah dan dilaksanakan sebagai bentuk kegiatan pembiasaan.
Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon