Pandangan Mengapa Kurikulum Perlu Berubah



MENGAPA KURIKULUM PERLU BERUBAH? 

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan panduan yang merinci apa yang harus diajarkan dalam sistem pendidikan, serta cara materi tersebut diajarkan. Ini mencakup mata pelajaran, kurikulum pembelajaran, metode pengajaran, serta penilaian dan pengukuran. Kurikulum mencerminkan nilai-nilai, tujuan, dan visi dari sistem pendidikan suatu negara atau institusi pendidikan.

Dalam era yang terus berubah dengan cepat seperti sekarang, kurikulum yang tetap statis dan tidak berubah dapat menyebabkan pendidikan menjadi usang dan kurang efektif. Oleh karena itu, perubahan kurikulum yang berkelanjutan adalah cara untuk memastikan bahwa pendidikan tetap relevan, bermakna, dan berguna bagi siswa, serta dapat mengakomodasi perkembangan zaman dengan baik.

Mengapa Kurikulum perlu berubah?

1. Menyesuaikan perkembangan zaman.

Kurikulum yang mengikuti zaman membantu siswa untuk lebih siap menghadapi tantangan dan peluang di masa depan yang merupakan era persaingan global yang akan dihadapi peserta didik. Ini mencakup persiapan mereka untuk dunia kerja yang terus berubah dan untuk peran aktif dalam masyarakat yang semakin kompleks. Disisi lain, Perkembangan dalam penelitian dan pengetahuan terus menghasilkan temuan baru. Perubahan kurikulum memungkinkan integrasi pengetahuan terbaru ke dalam materi pelajaran, menjaga kurikulum agar selalu relevan dan akurat. Kurikulum yang mengikuti zaman memberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan abad ke-21 yang penting seperti berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi, dan literasi digital. Keterampilan ini sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari dan dunia kerja modern. dengan dengan memperhatikan bahwa begitu cepatnya perkembangan teknologi dan perubahan dalam dinamika sosial, ekonomi, dan budaya maka Kurikulum yang tidak berubah bisa membuat pendidikan menjadi ketinggalan zaman dan kurang relevan bagi siswa. Dengan mengubah kurikulum, pendidikan dapat terus mengikuti perkembangan dan memastikan bahwa siswa belajar tentang isu-isu dan keterampilan yang sesuai dengan keadaan saat ini.

2. Menyesuaikan kebutuhan siswa

Perubahan kurikulum untuk menyesuaikan dengan kebutuhan siswa adalah tindakan yang sangat penting dalam memastikan bahwa pendidikan dapat memberikan manfaat yang optimal bagi siswa.

Setiap siswa memiliki kebutuhan yang beragam dalam hal cara mereka belajar, minat mereka, dan kecepatan pembelajaran mereka. Kurikulum yang fleksibel dan dapat disesuaikan memungkinkan pendidikan yang lebih personal dan relevan untuk setiap siswa, serta mampu memaksimalkan potensi mereka. Perubahan kurikulum memungkinkan pengintegrasian keterampilan yang sesuai dengan tuntutan zaman, seperti keterampilan teknologi, pemahaman tentang isu-isu global, atau keterampilan interpersonal. Kurikulum yang diperbarui memastikan bahwa siswa belajar tentang isu-isu aktual, tantangan, dan peluang yang relevan dengan dunia mereka. Ini membantu siswa merasa terhubung dengan pembelajaran mereka. Ketika siswa melihat bahwa kurikulum relevan dengan kehidupan mereka dan masa depan mereka, mereka lebih mungkin termotivasi untuk belajar dengan giat dan terlibat dalam pembelajaran.

3. Berfokus pada peningkatan Kompetensi Siswa

  1. Kurikulum selayaknya fokus pada kompetensi yang esensial yaitu keterampilan dan pengetahuan yang secara langsung relevan dengan kebutuhan dan tuntutan dunia nyata. Ini mencakup kemampuan yang dapat diterapkan dalam situasi kehidupan sehari-hari, di dunia kerja, atau dalam berkontribusi pada masyarakat. Kurikulum yang menekankan pada kompetensi membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan yang benar-benar diperlukan dalam kehidupan mereka. Ini mencakup keterampilan berpikir kritis, kemampuan komunikasi yang baik, pemecahan masalah, dan literasi digital, yang semuanya sangat penting di era modern.

  2. Sebagaimana yang kita tahu semuanya, dunia terus berubah, terutama dalam hal teknologi dan ekonomi. Kurikulum yang berfokus pada kompetensi dapat dengan cepat menyesuaikan diri dengan perubahan ini dan memastikan bahwa siswa memiliki pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan kondisi saat ini. Kurikulum yang berfokus pada kompetensi juga membantu guru dan pendidik untuk menyusun rencana pelajaran yang lebih terarah dan efektif. Mereka dapat memberikan pelajaran yang lebih relevan dan mengevaluasi kemajuan siswa dengan lebih baik.


  3. 4. Meningkatkan peran aktif orangtua dan masyarakat

  4. Kurikulum yang melibatkan orangtua dapat memberdayakan mereka untuk mendukung pendidikan anak-anak mereka dengan lebih baik. Mereka dapat memberikan bimbingan yang lebih efektif, membantu dengan tugas-tugas rumah, dan mendukung pembelajaran anak-anak di luar sekolah.

  5. Perubahan dalam kurikulum yang melibatkan orangtua dan masyarakat juga dapat memberikan mereka suara dalam proses pengambilan keputusan pendidikan. Ini menciptakan kesempatan untuk menyampaikan kebutuhan dan aspirasi komunitas secara lebih efektif.

  6. Kita semua tentu masih ingat pandemi yang melanda Dunia tahun yang lalu, dimana semua peserta didik harus belajar dari rumah. nah, adanya Perubahan kurikulum tentu akan mendapat sumber daya dan dukungan yang dibutuhkan oleh orangtua untuk mendampingi anak-anak mereka dalam pembelajaran daring. Ini menjadi sangat relevan dalam situasi pendidikan jarak jauh.

oleh Muslimin, S.Pd
Terima kasih

Catatan: Mohon berkenan memberikan Umpan baik di kolom komentar terkait tulisan saya diatas yang memaparkan alasan mengapa "Kurikulum perlu berubah?"
*apakah Anda Setuju adanya perubahan kurikulum atau tidak setuju? tuliskan pula alasannya! Terima kasih.

atau boleh juga dengan cara mengisi link berikut ini:



Previous
Next Post »

4 komentar

Click here for komentar
Anonim
4 Oktober 2023 pukul 15.04 ×

Setuju. memang kurikulum perlu menyesuaikan zaman agar kompetensi yang dicapai siswa sesuai dengan kebutuhan zaman

Balas
avatar
admin
4 Oktober 2023 pukul 15.17 ×

Perkembangan jaman memang menuntut update kurikulum yang mnyesuaikan dan itu sebuah keniscayaan untuk menyesuaikan dengan perkembangan jaman dan kebutuhan sdm yang sesuai

Balas
avatar
admin
4 Oktober 2023 pukul 15.28 ×

Terimakasih atas tulisan yang Anda tulis ini sangat benar adanya memang di zaman yg sekarang perubahan kurikulum menang diperlukan untuk meningkatkan kompetensi siswa sesuai dgn generasinya

Balas
avatar
admin
5 Oktober 2023 pukul 08.04 ×

Tulisan yang bagus, semoga dengan perkembangan kurikulum berubah yang mengikuti perkembangan zaman membuat pendidikan di Indonesia semakin bergerak bertumbuh sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan peserta didik, pendidik, dan satuan pendidikan

Balas
avatar
admin
Thanks for your comment